Abstract:
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan belum tercapainya target pajak reklame yang tidak sesuai dengan
target yang telah ditentukan dan untuk mengetahui bagaimana pengawasan
penerimaan pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah pada Dinas
Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan jenis
data ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa faktor-faktor yang menyebabkan
penerimaan pajak reklame tidak pernah tercapai ialah kurangnya kesadaran wajib
pajak dalam membayar pajak reklame atas usahanya, dalam pengawasan penerimaan
yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kota Medan sudah baik akan tetapi dalam pelaksanaannya masih belum optimal
karena pengawasan yang dilakukan masih sering tertunda dan adanya kendala yang
sering terjadi setiap tahunnya yang memberikan dampak negatif terhadap penerimaan
pajak reklame salah satunya yaitu wajib pajak tidak jujur dalam pembayaran pajaknya
atau tidak benar dalam melaporkan kegiatan usahanya disebabkan oleh wajib pajak
yang tidak taat peraturan