Research Repository

Pemasaran Jagung Manis (Zea mays saccharataSturt) Menggunakan Pendekatan Analisis Kinerja Pemasaran(Studi Kasus : Desa Jati Kesuma Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara)

Show simple item record

dc.contributor.author Asmita, Nada
dc.date.accessioned 2020-11-02T09:53:39Z
dc.date.available 2020-11-02T09:53:39Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6916
dc.description.abstract Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuibesarnyakeuntungan,marginpemasarandanefisiensipemasaranjagungmanisdiDesaJatiKesumaKecamatanNamorambeKabupatenDeliSerdang.Metodeanalisisdatakeuntunganusahatani yang di gunakan yaitu= TR–TC,Untukmenganalisismarginpemasaran,dan efisiensi pemasaran.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaRata-rata totalpenerimaanyang di dapat oleh petani sebesar Rp. 14.985.416,67 dengan rata-ratapengeluaran untuk biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 4.110.066,-sehingga petani jagung manis mendapatkan pendapatan rata-rata yaitu sebesarRp.10.095.482,67,-Permusimpanen.Dari penelitian tersebut diketahui bahwa ada 2saluran pemasaran yang terjadi. Yang pertama yaitu Petani→PedagangPengumpul→Pedagang Besar→Pedagang Pengecer→Konsumen. Yang keduayaitu Petani→Pedagang Besar→Pedagang Pengecer→Konsumen.margin yangditerimayaitu sebesar 576,92 untuk pedagang pengumpul, 769,23 untuk pedagangbesar, dan4.500untuk pedagang pengecer dan pada saluran pemasaran II marginditerima yaitu sebesar 530,77 untuk pedagang besar, dan5.300untuk pedagangpengecer. Sedangkan untuk farmer’s share didapat nilai pada saluran pemasaranyang pertama yaitu sebesar 35,71% sedangkan untuk saluran pemasaran yangkedua didapat sebesar 33,75%.Jika EP <33% maka sistem pemasaran jagungmanis dinilai efisien. Dan persentase yang paling rendah terdapat pada saluranpemasaran yang kedua dengan nilai persentase sebesar 7,57% dan dinyatakanyang paling efisien. en_US
dc.subject Petani en_US
dc.subject Keuntungan en_US
dc.subject Pedagang en_US
dc.subject Saluran Pemasaran en_US
dc.subject Margin en_US
dc.subject Efisiensi Pemasaran en_US
dc.title Pemasaran Jagung Manis (Zea mays saccharataSturt) Menggunakan Pendekatan Analisis Kinerja Pemasaran(Studi Kasus : Desa Jati Kesuma Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account