dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiAnalisis pemasaran karet rakyat Desa Sukajadi Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menjelaskan aktivitas pemasaran karet. Sampel yang dipilih menggunakan metode Penetapan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Arikunto dimana jika populasi kurang dari 100 maka diambil semua, sedangkan jika jumlahnya lebih besar dapat diambil 10%-15% atau 20%-25% atau lebih dari jumlah populasi,dan penelitian ini diambil dengan jumlah 25% yang terdapat di Desa Sukajadi Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir.Hasil penelitian menunjukkan aktifitas pemasaran Karet, terdapat 2 saluran pemasaran Karet yaitu: 1. Petani –pedagang kecamatan –pabrik karet. 2. Petani –Pedagang Pengumpul Desa –Pedagang Pengumpul Kecamatan –Pabrik Karet. Pemasaran karet dilakukan 1 minggu sekali dan ada juga yang melakukan pembelian karet setiap hari, yang dimana pemasaran yang seminggu sekali ini dilakukan oleh pedagang pengumpul Kecamatan dan yang melakukan pembelian setiap hari yaitu pedagang pengumpul desa denagn harga jual petani ke pedagang kecamatan yaitu sebesar Rp. 9.000 /kg Margin pemasaran yang diperoleh pada saluran pemasaran I sebesar Rp. 1.000 /kg yang diperoleh pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 1.000 /kg dengan biaya pemasaran pada saluran pemasaran ke I yaitu sebesar Rp. 469 /kg dan apda baiay pemasaran yang ke II yaitu sebesar Rp. 586,66 /kg. Efesiensi pemasaran I sebesar 4,69% efesiensi pemasaran ke II yaitu sebesar 5,8%, dan keduanya dikategorikan efisien dimana EP <33%. |
en_US |