Research Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN BENIH PADI BERSERTIFIKASI KELOMPOK PENANGKAR MITRA JAYA DESA MELATI II KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Show simple item record

dc.contributor.author Pengestu, Prayogi
dc.date.accessioned 2020-11-02T06:08:01Z
dc.date.available 2020-11-02T06:08:01Z
dc.date.issued 2019-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6801
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal dalam pengembangan benih padi bersertifikasi Kelompok Penangkar Mitra Jaya dan untuk mengetahui strategi pengembangan benih padi bersertifikasi Kelompok Penangkar Mitra Jaya. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Penangkar Mitra Jaya di desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Sampel diambil dengan metode Non Probability Sampling dengan teknik sampel jenuh. Jumlah sampel sebanyak 14 petani penangkar, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor internal dan eksternal penangkaran benih padi KP. Mitra Jaya yaitu kekuatan (Strengths), kualitas benih sangat baik, menggunakan mesin dalam memproduksinya, menetapkan harga jual sendiri, lokasi yang strategis. Kelemahan (Weakness), permodalan masih lemah, membeli bahan baku benih dari penangkar lain, hanya memproduksi beberapa varietas, kurang mengetahui penggunaan market digital. Peluang (Opportunities), permintaan terus meningkat, pemerintah menganjurkan penggunaan benih bersertifikat, memiliki target pasar yang jelas, pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran. Ancaman (Treaths), kondisi persaingan semakin ketat, harga padi yang tidak stabil, perubahan iklim atau cuaca yang tidak mendukung, gangguan hama dan penyakit tanaman padi. Berdasarkan analisis SWOT strategi dilakukan menggunakan strategi SO (Strenghts-Opportunities) yaitu Memanfaatkan kualitas benih yang dihasilkan dalam menetapkan harga agar memenuhi permintaaan agen/petani yang meningkat dan memanfaatkan market digital dalam mempromosikan produk. en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Penangkaran Benih Padi en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN BENIH PADI BERSERTIFIKASI KELOMPOK PENANGKAR MITRA JAYA DESA MELATI II KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account