dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi penjualan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu di online shop Lazada (Studi
Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji
yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier.
Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20,
diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 4,234 + 0,109
X1 - 0,781 X2. Secara parsial, variabel promosi penjualan (X1) memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pembelian, terbukti dari nilai t hitung > t tabel
(8,977 > 2,012). Sedangkan variabel impulse buying (X2) tidak memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pembelian, terbukti dari nilai t hitung < t tabel
(1,821 < 2,012). Secara simultan, variabel promosi penjualan (X1) dan impulse
buying (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel
(26,080 > 3,20). Variabel promosi penjualan (X1) dan impulse buying (X2) mampu
memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar
68,1% sedangkan sisanya sebesar 31,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran
bahwa untuk meningkatkan promosi penjualan pihak aplikasi harus dapat
melakukan beberapa perubahan untuk menarik minta konsumen. Kemudian pihak
lazada harus bisa membaut inovasi baru seperti tampilan yang lebih baik agar caln
konsumen tertarik untuk melihatnya |
en_US |