Research Repository

ANALISIS PEMASARAN BUAH KELAPA (Studi Kasus : Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan)

Show simple item record

dc.contributor.author Triswana, Maudi
dc.date.accessioned 2020-11-02T05:40:34Z
dc.date.available 2020-11-02T05:40:34Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6786
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kelapa dan untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran kelapa di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case studi). Tekhnik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, yakni tekhnik pengambilan sampel apabila populasi relatif kecil kurang dari 30 maka semua anggota populasi diambil sebagai sampel. Metode pengambilan data yaitu data primer yang didapatkan langsung dari petani dan data sekunder yang didapatkan dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dari kantor Kepala Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Metode analisi data yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2019 di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Hasil peneltian masalah pertama diketahui bahwa ada dua saluran pemasaran di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan yaitu pada saluran pemasaran pertama 1. Petani 2. Pedagang pengumpul 3. Pedagang pengecer 4. Konsumen dan pada saluran pemasaran kedua yaitu 1. Petani 2. Pedagang pengecer 3. Konsumen. Hasil penelitian masalah kedua di ketahui bahwa tingkat efisiensi pemasaran pada kedua saluran pemasaran ini adalah sama-sama efisien untuk saluran pemasaran pertama tingkat efisiensinya adalah 3,75% dan untuk tingkat efisiensi saluran pemasaran kedua yaitu 1,87%. Dan persentase yang paling rendah terdapat pada saluran pemasaran yang kedua dengan nilai persentase sebesar 1,87% dan dinyatakan paling efisien. en_US
dc.subject Petani en_US
dc.subject Keuntungan en_US
dc.subject Pedagang en_US
dc.subject Saluran Pemasaran en_US
dc.subject Margin en_US
dc.subject Efisiensi Pemasaran en_US
dc.title ANALISIS PEMASARAN BUAH KELAPA (Studi Kasus : Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account