dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Mengetahui saluran pemasaran kelapa sawit
rakyat di daerah penelitian. 2). Mengetahui besar Share Margin saluran pemasaran kelapa
sawit rakyat di daerah penelitian. 3). Mengetahui besar efisiensi pemasaran kelapa sawit
rakyat di daerah penelitian.
Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Saluran pemasaran didaerah
penelitian terdiri dari dua saluran pemasaran antaralain:PetaniKePabrik. Petani Ke
Pedagang Pengumpul Ke Pabrik. Share margin yang di peroleh pada saluran I
sebesar 100% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 239/Kg. Share margin yang di
peroleh pada saluran II sebesar 75,10% dengan biaya pemasaran sebesar Rp.
288/Kg. Nilai efisiensisaluran pemasaran I sebesar 23,78% < 50% artinya saluran
pemasaran I merupakan saluran pemasaran yang efisien. Nilai efisiensi saluran
pemasaran II sebesar 28,71% < 50% artinya saluran pemasaran I merupakan
saluran pemasaran yang efisien. |
en_US |