Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan jasa perbankan syariah.
Dalam penelitian ini populasinya adalah nasabah Bank Syariah Mandiri KCP
Medan Muchtar Basri dengan memberikan kuisioner dengan sampel sebanyak 35
responden.
Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor dengan menggunakan metode
non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Untuk menganalisis
penelitian, penulis menggunakan alat analisis yaitu analisis faktor dengan bantuan
program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 variabel yang ada, terbentuk 7
faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan jasa
Perbankan Syariah Mandiri KCP Medan Muchtar Basri. Faktor yang paling
dominan adalah faktor psikologi dan faktor pemasaran dengan eigenvalue
20,953% merupakan faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh nasabah untuk
menggunakan jasa perbankan syariah