dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat
untuk perusahaan serta mengetahui kondisi perusahaan melalui Analisis SWOT
untuk menemukan strategi-strategi alternatif yang dapat digunakan perusahaan
sebagai referensi dalam membangun kondisi perusahaan yang diharapkan. Dalam
analisis SWOT terdapat analisis lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan
serta analisis lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman. Penelitian ini
dilakukan pada Usaha Bubuk Kopi Arabika Gayo Spesialty di Redje Kupi yang
dimulai pada bulan Maret 2019.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif
dengan analisa data kualitatif. Metode-metode deskriptif memusatkan perhatian
terhadap masalah-masalah atau fenomena yang ada pada saat penelitian dilakukan
atau bersifat aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang
diselidiki sebagaimana adanya dan diiringi dengan rasional yang akurat.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan SWOT. Analisa
yaitu sebuah alat marketing untuk mengklasifikasikan posisi perusahaan dan
menentukan strategi yang sesuai dengan lingkungannya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada usaha Bubuk kopi arabika gayo
spesialty di redje kupi maka diperoleh strategi alternatif yang dihasilkan dari matriks SWOT antara lain: Redje kupi adalah sebagai produsen yang menghasilkan
bubuk kopi arabika gayo spesialty. Sistem penjualanya langsung di tempat produksi
dan bukan sebagai dristribusi atau penyalur, Kekuatan yang dapat di andalkan Redje
kupi yaitu keunggulan produk, lokasi yang sangat strategis, memiliki pelanggan
tetap, pelayanan yang baik dan memuaskan, memiliki brand produk kopi spesialty,
Kelemahan yang ada di miliki Redje kupi yaitu biaya pengiriman yang cukup
mahal, tidak ada hubungan kerja sama dengan investor, kurangnya pengalaman
dalam bisnis, tidak menggunakan jasa promosi atau iklan, tidak memiliki kas
perusahaan, Ancaman terbesar yang dihadapi oleh Redje kupi yaitu
kencenderungan masyarakat terhadap supermarket, adanya pemungutan ilegal,
persaingan produk kopi olahan, kebijakan peraturan pemerintah, daya beli
konsumen menurun, Peluang terbesar yang mungkin dapat diproleh Redje kupi
yaitu tersedianya target pasar potensial, Perubahan gaya hidup masyarakat,
Meningkatnya daya beli konsumen, tren masa kini minum kopi di cafe, kopi gayo
telah memiliki brand di dunia, Strategi pemasaran yang di gunakan oleh Redje kupi
yaitu keunggulan produk dengan mempertahankan kualitas produk tetap baik
sehingga terjaga kualitas rasa, kesehatan bagi konsumen dan juga dengan inovasi
terhadap kemasan produk. |
en_US |