Research Repository

STRATEGI PEMASARAN BUBUK KOPI ARABIKA GAYO SPESIALTY DI REDJE KUPI (KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH)

Show simple item record

dc.contributor.author Habibullah
dc.date.accessioned 2020-11-02T04:05:32Z
dc.date.available 2020-11-02T04:05:32Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6715
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan serta mengetahui kondisi perusahaan melalui Analisis SWOT untuk menemukan strategi-strategi alternatif yang dapat digunakan perusahaan sebagai referensi dalam membangun kondisi perusahaan yang diharapkan. Dalam analisis SWOT terdapat analisis lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta analisis lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman. Penelitian ini dilakukan pada Usaha Bubuk Kopi Arabika Gayo Spesialty di Redje Kupi yang dimulai pada bulan Maret 2019. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan analisa data kualitatif. Metode-metode deskriptif memusatkan perhatian terhadap masalah-masalah atau fenomena yang ada pada saat penelitian dilakukan atau bersifat aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki sebagaimana adanya dan diiringi dengan rasional yang akurat. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan SWOT. Analisa yaitu sebuah alat marketing untuk mengklasifikasikan posisi perusahaan dan menentukan strategi yang sesuai dengan lingkungannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada usaha Bubuk kopi arabika gayo spesialty di redje kupi maka diperoleh strategi alternatif yang dihasilkan dari matriks SWOT antara lain: Redje kupi adalah sebagai produsen yang menghasilkan bubuk kopi arabika gayo spesialty. Sistem penjualanya langsung di tempat produksi dan bukan sebagai dristribusi atau penyalur, Kekuatan yang dapat di andalkan Redje kupi yaitu keunggulan produk, lokasi yang sangat strategis, memiliki pelanggan tetap, pelayanan yang baik dan memuaskan, memiliki brand produk kopi spesialty, Kelemahan yang ada di miliki Redje kupi yaitu biaya pengiriman yang cukup mahal, tidak ada hubungan kerja sama dengan investor, kurangnya pengalaman dalam bisnis, tidak menggunakan jasa promosi atau iklan, tidak memiliki kas perusahaan, Ancaman terbesar yang dihadapi oleh Redje kupi yaitu kencenderungan masyarakat terhadap supermarket, adanya pemungutan ilegal, persaingan produk kopi olahan, kebijakan peraturan pemerintah, daya beli konsumen menurun, Peluang terbesar yang mungkin dapat diproleh Redje kupi yaitu tersedianya target pasar potensial, Perubahan gaya hidup masyarakat, Meningkatnya daya beli konsumen, tren masa kini minum kopi di cafe, kopi gayo telah memiliki brand di dunia, Strategi pemasaran yang di gunakan oleh Redje kupi yaitu keunggulan produk dengan mempertahankan kualitas produk tetap baik sehingga terjaga kualitas rasa, kesehatan bagi konsumen dan juga dengan inovasi terhadap kemasan produk. en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN BUBUK KOPI ARABIKA GAYO SPESIALTY DI REDJE KUPI (KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account