Research Repository

Teknik Gesture Menggunakan Layanan Individual untuk Mengurangi Pelaku Agresi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kutacana Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Widyawati, Cici Cut
dc.date.accessioned 2020-11-02T02:14:18Z
dc.date.available 2020-11-02T02:14:18Z
dc.date.issued 2020-10-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6636
dc.description.abstract Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik gesture menggunakan konseling individual untuk mengurangi perilaku agresi siswa di MTs Negeri 1 Kutacane Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik gesture menggunakan konseling individual untuk mengurangi perilaku agresi siswa di MTs Negeri 1 Kutacane Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian kualitatif adalah mereka para responden atau informan yang dijadikan sebagai nara sumber untuk menggali yang dibutuhkan peneliti. Sedangkan objek penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B untuk mengikuti konseling individual. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini, maka instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik gesture melalui layanan konseling individu kepada siswa sesuai dengan pedoman dan tatacara pelaksanaan layanan konseling individu. Pelaksanaan konseling individu yang sudah diberikan kepada siswa adalah dengan melakukan tahapan-tahapan pelaksanaan yaitu melakukan identifikasi terhadap masalah siswa, merumuskan masalah, penyelesaian masalah, dan tindak lanjut, yaitu melakukan evaluasi keberhasilan dan menentukan tindakan lanjutan. Pembinaan terhadap perilaku agresi siswa perlu memperhatikan beberapa faktor penting yang termasuk mempengaruhi pembentukan kemandirian siswa yaitu usia lingkungan keluarga siswa yang harus diperhatikan. Pembinaan melalui layanan konseling individu lebih diarahkan pada pemahaman diri dan kemampuan siswa dalam melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan sosialnya. Hasil dari pelaksanaan layanan konseling individual teknik gesture adalah perubahan perilaku agreasi siswa berkurang 80%. Dengan demikian pelaksanaan layanan konseling individual dengan teknik gesture berhasil mengurangi perilaku agresi siswa kelas VIII MTs 1 Kutacane. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Teknik Gesture en_US
dc.subject Layanan Individual en_US
dc.subject Perilaku Agresi en_US
dc.title Teknik Gesture Menggunakan Layanan Individual untuk Mengurangi Pelaku Agresi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kutacana Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account