Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Hasibuan, Ade Priyanti
dc.date.accessioned 2020-10-27T08:30:05Z
dc.date.available 2020-10-27T08:30:05Z
dc.date.issued 2019-09-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6509
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah model pembelajaran Osborn berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa Kelas VII SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa Kelas VII SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen yang betul-betul (true experimental) dengan desain pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP PAB 8 Sampali yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Osborn yang berjumlah 32 siswa dan siswa kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori yang berjumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Tes tertulis tersebut berbentuk tes uraian yang berisikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 52,34 dan kelas kontrol sebesar 46,41. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,53 dan kelas kontrol sebesar 70,06. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung yaitu 5,9730 dan ttabel yaitu 1,9993, diketahui bahwa thitung > ttabel (5,9730 >1,9993), ini berarti ditolak dan diterima dengan taraf signifikan α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Osborn en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account