Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah model pembelajaran Osborn berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa Kelas VII SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa Kelas VII SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen yang betul-betul (true experimental) dengan desain pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP PAB 8 Sampali yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Osborn yang berjumlah 32 siswa dan siswa kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori yang berjumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Tes tertulis tersebut berbentuk tes uraian yang berisikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 52,34 dan kelas kontrol sebesar 46,41. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,53 dan kelas kontrol sebesar 70,06. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung yaitu 5,9730 dan ttabel yaitu 1,9993, diketahui bahwa thitung > ttabel (5,9730 >1,9993), ini berarti
ditolak dan
diterima dengan taraf signifikan α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020.