Abstract:
Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Hal ini disebabkan karena siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan kurang tepatnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah teknik Questioning Probing Prompting berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Questioning Probing Prompting terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020.
Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Istiqlal Deli Tua. Pengambilan dalam sampel ini menggunakan teknik simple random sampling dimana kelas VIII-1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII-3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh harga 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (3,5219) setelah dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,0017), ternyata 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (3,5219)>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,0017) sehingga Ha diterima dam H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh antara teknik pembelajaran Questioning Probing Prompting terhadap pemahaman konsep matematika kepada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020.