Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika SMA berbentuk Tabloid pada materi Integral untuk siswa-siswi kelas XI-IPA SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 6 tahap yaitu Potensi/Permasalahan, Pengumpulan Data, Desain Produk, Uji Ahli, Revisi Produk dan Uji terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Asyariyah Medan Krio. Subjeknya adalah siswa-siswi kelas XI-IPA yang berjumlah 25 siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah Integral. Produk penelitian berupa bahan ajar matematika SMA berbentuk Tabloid terhadap materi Integral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli terhadap RPP dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata 3,7; (2) validasi ahli terhadap Bahan Ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata 3,7; (3) hasil analisis angket mengenai respon siswa diperoleh skor rata-rata 83,8% dengan klasifikasi positif (bisa diterima dengan sangat baik oleh siswa). Klasifikasi bahan ajar matematika berbentuk Tabloid yang memenuhi kriteria sangat baik menunjukkan bahwa bahan ajar matematika memiliki kualitas valid.