dc.description.abstract |
Penelitian ini mempunyai tujuan Untuk mengetahui bagaimana tingkat
kepuasan konsumen dalam memilih jasa transportasi Kereta Api. Untuk
mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen dalam memilih jasa
transportasi angkutan umum. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan
konsumen dalam memilih jasa transportasi kereta api dengan Bus angkutan
umum.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa
transportasi kereta api dan angkutan umum. Sampel adalah konsumen yang
menggunakan jasa transportasi kereta api dan angkutan umum di kota medan
sebanyak 100 orang, penentuan sampel dengan Sampling non Probability. Dengan
menggunakan teknik Accidental Sampling yang merupakan teknik penentuan
sampel berdasarkan kebetulan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan questioner (angket) dan wawancara. Tehnik analisis yang
digunakan adalah data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan
perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian
tersebut, dengan menggunakan metode uji komperatif .
Tingkat kepuasan konsumen kareta api yang bernilai 2849 menunjukkan
tingkat kepuasan konsumen kereta api lebih mendekati tinggi dan tingkat
kepuasan konsumen bus yang bernilai 2610 juga menunjukkan kepuasan
konsumen bus yang lebih mendekati sedang. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa berdasarkan hasil jawaban responden terdapat perbedaan tingkat kepuasan
konsumen kereta api dengan kepuasan konsumen bus. Ada perbedaan yang
signifikan kepuasan berdasarkan harga dan pelayanan antara konsumen kereta api
dengan konsumen bus, dilihat dari nilai t hitung 11,079 > ttabel 1.985. |
en_US |