Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Snowball Throwing
terhadap Kemampuan Menulis Naskah Pidato pada Siswa Kelas IX SMP PAB 9
Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 29 siswa. Karena jumlah sampel kurang
dari 100% maka pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan dari populasi
yang ada (total sampel).Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk
desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Expremental
Design (nondesign). Intrumen penelitian ini menggunakan sebelum dan sesudah
,tes sebelum dan sesudah menggunakan model Snowball Throwing.Hasil analisis
data dari pemberian sebelum menggunakan model Snowball Throwing kepada 29
siswa diperoleh hasil bahwa sebanyak 75% siswa masih mendapat nilai dibawah
rata – rata dengan rentang nilai 44 sampai 89. Sementara siswa yang berhasil
menulis naskah pidato dengan baik dan benar hanya sebanyak 25% dari
keseluruhan dengan rentang nilai 78 sampai 89.Hasil analisis data diperoleh
setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan pemberian
sesudah bahwa didapat hasil sebanyak 10 siswa (34,5%) mendapat nilai diatas
KKM dan paling sedikit terletak pada nilai 50 sebanyak 2 siswa (6,9%) nilai 67
sebanyak 2 siswa (6,9%) dan nilai tertinggi 95 sebanyak 6 siswa (20,7%),yang
artinya terjadi peningkatan nilai setelah diterapkan model pembelajaran Snowball
Throwing. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung
sebesar 11,649. Selanutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf
signifikansi 0,05 dengan df=29. Diperoleh harga ttabel=1,701, berarti thitung>ttabel
yaitu 11,649>1,701. Dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat pengaruh
model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan menulis pidato
siswa kelas IX SMP 9 Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020