Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan
menggunakan VideoScribe. Materi ajar yang disajikan dalam media pembelajaran
dengan menggunakan VideoScribe ini adalah persamaan lingkaran untuk peserta
didik kelas XI SMA. sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan 2 di
SMA Budi Agung Medan. Prosedur pengembangan media pembelajaran dengan
menggunakan VideoScribe adalah penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan metode pengembangan Plomp, yang melalui tiga tahapan yaitu :
Analisis Pendahuluan ( Preliminary Research ), Pengembangan atau Pembuatan
prototype ( Development or Ptototyping Phase ) Penilaian ( Asessment Phase ).
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk
mengukur kevalidan media pembelajaran, lembar responsive peserta didik untuk
mengukur kepraktisan media pembelajaran, dan lembar kemampuan afektif
peserta didik untuk mengukur keefektifan media pembelajaran. Media
Pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid
berdasakan skor rata – rata yang diperoleh untuk validasi media yaitu 67,16%
dengan kriteria “ Valid ” dan skor rata – rata yang diperoleh untuk validasi ahli
materi yaitu 63,45% dengan kriteria “ Valid ”. Media pembelajaran yang telah
dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi kriteria praktis dan efektif
berdasarkan hasil angket responsive peserta didik dengan rata – rata perolehan
skor 62,71% dengan kriteria “ Praktis ” dan skor rata – rata untuk hasil angket
kemampuan angket peserta didik adalah 68,19% dengan kriteria “ Efektif “.