Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Resitasi Terhadap
Kemampuan Mengomentari Persoalan Faktual oleh Siswa Kelas V SD Attaufiq
Medan TahunPembelajaran 2019-2020. Populasi Penelitian ini adalah seluruh
Siswa Kelas V yang berjumlah 69 orang Siswa. Sampel pada penelitian ini adalah
kelas V-A sebagai kelas yang menggunakan metode Resitasi berjumlah 34 siswa
dan kelas V-B sebagai kelas yang menggunakan metode Ceramah berjumlah 35
siswa. Metode penelitian yang digunakan metode ekperimen, peneliti terjun
langsung ke sekolah dasar Attaufiq Medan. Hasil penelitian ini dapat
dikemukakan bahwa kemampuan Mengomentari Persoalan Faktual Siswa
sebelum menggunakan metode resitasi dengan nilai rata-rata 69,6 termasuk
kategori cukup. Sedangkan kemampuan Mengomentari Persoalan Faktual dengan
menggunakan metode resitasi 82,9 termasuk kategori baik. Hal ini dapat dilihat
dari nilaithitung 7,31< ttabel 16,99. Dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan
berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan
dalam penggunaan Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Mengomentari
Persoalan Faktual oleh Siswa Kelas V SD Attaufiq Medan Tahun Pembelajaran
2019-2020