Abstract:
Latarbelakang: Mata adalah salah satu indera yang penting bagi manusia, melalui mata manusia menyerap informasi visual yang digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Lingkungan dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya penurunan ketajaman penglihatan pada anak, seperti membaca tulisan di papan tulis dengan jarak yang terlalu jauh tanpa di dukung oleh pencahayaan kelas yang memadai dan anak yang membaca buku terlalu dekat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan melihat dekat terhadap tajam penglihatan pada siswa kelas 4, 5, dan 6 yang belajar dengan sistem kelas unggulan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 Medan. Metode: Penelitian ini adalah analitik menggunakan desain cross sectional yang dilakukan dengan total sampling menggunakan kuesioner kepada 138 sampel. Hasil: Berdasarkan analisis bivariat pada aktivitas melihat dekat yaitu jarak membaca buku (P= 0,016), posisi membaca buku (P=0,166), posisi menonton TV (P=0,178), jarak menonton TV (P=0,217), posisi menggunakan HP (P= 0,599), jarak menggunakan HP (P= 0,468 ). Kesimpulan: Aktivitas melihat dekat yang berhubungan dengan tajam penglihatan yaitu jarak membaca buku.