Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran Talking StickMenggunakan Media Audio Terhadap Hasil
Belajarsiswa kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A
2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruhmodel
pembelajaran Talking StickMenggunakan Media Audio Terhadap Hasil
Belajarsiswa kelas VII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan T.A
2019/2020.Populasi pada penelitianadalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri
dari tiga kelas yang berjumlah 69 siswa. Tekhnik dan alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes. Dan yang menjadi sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 24 siswa dan kelas VII-C
berjumlah 24 siswa. Tes yang digunakan tes tertulis berbentuk uraian 5 soal.
Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimendiperoleh mean
78,75.Sedangkan untuk data tes di kelas kontrol diperoleh mean 68,71.
Simpangan baku untuk kelas eksperimen diperoleh 9,36 sedangkan simpangan
baku untuk kelas kontrol diperoleh 8,09. Dari hasil penelitian diperoleh thitung>
ttabel yaitu 3,97 > 1,67 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan model pembelajaran Talking Stick Menggunakan Media Audio terhadap
hasil belajar pada siswaAl-Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020.