Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD ( Lembar Kerja Peserta
Didik) Matematika menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Metode
Pemecahan Masalah. Prosedur pengembangan yang digunakan model 4-D yang
dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah model hanya membuat tahap
pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan
(development). Modifikasi 4-D menjadi 3-D dilakukanj karena ruang lingkupnya
terlalu luas dan keterbatasan kemampuan peneliti. Instrument penilaian yang
digunakan adalah Lembar Validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar
Validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),Lembar Validasi Perangkat
Penilaian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD menggunakan
Pendekatan Saintifik dengan Metode Pemecahan Masalah memenuhi criteria baik.
Penilaian hasil validatas LKPD memperoleh skor 4,01 dari rata-rata maksimal
5,00 dengan klasifikasi baik . kemudian validasi media oleh ahli media dilihat
dari aspek kesederhanaan, keterpaduan, penekanan keseimbangan,warna
diperoleh penilaian dengan rata-rata 3,80 dari skor rata-rata maksimal 5,00. Hal
ini menunjukkan bahwa LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
pemecahan masalah yang telah dikembangkan sudah layak diterapkan pada siswa
sekolah menengah pertama (SMP)