Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model pembelajaran
Missouri Mathematics project (MMP) danTwo Stay Two Stray (TSTS) terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan mengetahui apakah model
pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP) lebih baik daripada model Two Stay
Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan sampel diambil 2
kelas dari kelas VIII yang terdapat 5 kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII A
dan kelas VIII B. Kelas VIIIA terdiri dari 31 siswa dan kelas VIIIB terdiri dari 31 siswa
sebagai kelas penelitian. Pengambilan instrumen penelitian terdiri dari 7 butir soal.
Berdasarkan hasil penelitian untuk kelas penelitian dengan model pembelajran Missouri
Mathemics Project dengan rata-rata skor post-test 78,57 dan standar deviasi 7,08
sedangkan untuk model pembelajaran Two Stay Two Stray denagn rata-rata post-test
73,68 dan standar deviasi 11,20 dan hasil uji-t dari nilai post-test dari dua model
pembelajaran diperoleh nilai signifikan adalah thitung (7,88) >ttabel(2,00) . Karena
thitung
>ttabel , berdasarkan kriteria yang digunakan maka h0 ditolak dan ha diterima. Jadi
dapat disimpulkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Missouri Mathemics Project lebih baik daripada hasil belajar yang di ajarkan dengan
model pembelajaran Two Stay Two Stray.