Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat
permainan ular tangga matematika yang layak digunakan untuk pembelajaran
matematika pokok bahasan luas bangun datar untuk siswa kelas VII Madrasah
Tsanawiyah Medan.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan
Gall. Langkah yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini meliputi
penelitian dan pengembangan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji
coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, merevisi
hasil uji coba lapangan utama, uji coba operasional, penyempurnaan produk akhir.
Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Islamiyah
Medan, subjek uji coba lapangan awal adalah 4 siswa, subjek uji coba lapangan
utama adalah 8 siswa dan subjek uji coba operasional adalah 20 siswa. Objek
penelitian berupa Alat permainan ular tangga matematika pokok bahasan luas
bangun datar. Uji kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media,
ahli materi dan siswa kelas VII madrasah tsanawiyah sebgai subjek uji cob.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket.
Analisis data berupa kombinasi ular tangga matematika dapat disimpulkan
sebagai berikut: (1) Hasil penilaian dari validator I mendapatkan rata-rata skor 4,4
dengan persentase skor persentase 87,8% termasuk kategori sangat baik. (2)
96,6% termasuk kategori sangat baik. (3) Penilaian uji coba lapangan
mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori layak. Uji coba
lapangan utama mendapatkan persentase skor 96,2% termasuk dalam kategori
layak. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan ular tangga matematika layak
digunakan untuk pembelajaran matematika poko bahasan luas bangun datar siswa
kelas VII Madrasah Tsanawiyah.