Abstract:
Bahan ajar merupakan suatu hal yang sangat penting bagi guru dan peserta didik
dalam menciptakan proses belajar, bahan ajar yang digunakan secara efektif
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri dan
mengurangi ketergantungan terhadap guru di sekolah. Kemandirian peserta didik
salah satunya dapat dilihat dari bagaimana peserta didik mampu menyelesaikan
soal dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang tepat. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengembangan bahan ajar matematika Leaflet
berbasis pemecahan berdasarkan langkah-langkah Polya dan untuk mengetahui
kelayakan pengembangan bahan ajar matematika Leaflet berdasarkan langkah langkah Polya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah
model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran
(disseminate) karena keterbatasan waktu penelitian ini dilakukan hingga tahap
pengembangan (develop). Hasil penelitian ini berupa bahan ajar matematika
Leaflet pada materi matriks untuk peserta didik kelas XI. Karakteristik bahan ajar
yang dikembangkan adalah: (1) berbentuk media cetak, (2) dikembangkan dengan
kalimat yang sedehana dan didesain menarik, (3) mengutamakan keterlibatan
peserta didik berdasarkan COBA yang dirancang dalam bahan ajar, (4)
menyajikan soal yang menuntut jawaban peserta didik yang berhubungan dengan
pemecahan masalah berdasarkan langkah-langkahn Polya. Bahan ajar yang
dikembangkan peneliti memenuhi kriteria layak dan kategori baik atas dasar skor
penilaian RPP, bahan ajar matematika Leaflet, dan tes hasil belajar oleh satu
dosen ahli dan satu guru matematika berturut 4,03, 3,96, 4,05 dengan skala 5. Tes
hasil belajat menunjukkan persentase 84,86% termasuk dalam kriteria “tinggi”
yaitu berada pada kisaran 85% - 100%.