Research Repository

Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis pada siswa di SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Sakinah, Rizki
dc.date.accessioned 2020-10-24T07:41:46Z
dc.date.available 2020-10-24T07:41:46Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6124
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Mengetahui peningkatan kemampuan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran pendekatan realistik menggunakan LKPD yang dikemmbangkan.. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan . Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran yang mengacu pada model pengembangan 4-D (four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan,Semmel dan Semmel. Model ini meliputi empat tahapan yaitu Define(penefenisian), Design(Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini dilakukan hingga tahap develop(pengembangan). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B SMP Muhammadiyah 57 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKPD yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektivan dengan : (a) ketuntasan secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu sebesar 87,5% pada ujicoba (b) Ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada ujicoba 2. (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada ujicoba 1 sebesar 2,6 dan pada ujicoba 2 sebesar 3,25. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada ujicoba 1 hanya 56,25% meningkat sebesar 31,25% menjadi 87,5% pada ujicoba 2. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari ujicoba 1 sebesar 68,96 menjadi 80,5 pada ujicoba 2. (3) Respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan melalui pendekatan realistik adalah positif. Maka dapat disimpulkan hasil penelitian adalah ditemukan bahwa LKPD yang efektif berbasis pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. en_US
dc.subject LKPD en_US
dc.subject Pendekatan Realistik en_US
dc.subject Pemecahan Masalah en_US
dc.title Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis pada siswa di SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account