Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas bahan ajar yang
dikembangkan melalui pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Mengetahui peningkatan
kemampuan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran pendekatan realistik
menggunakan LKPD yang dikemmbangkan.. Penelitian ini dilakukan di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan .
Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat
pembelajaran yang mengacu pada model pengembangan 4-D (four-D Model) yang
dikemukakan oleh Thiagarajan,Semmel dan Semmel. Model ini meliputi empat
tahapan yaitu Define(penefenisian), Design(Perancangan), Develop (Pengembangan),
dan Dessiminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini dilakukan
hingga tahap develop(pengembangan). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-A
dan VII-B SMP Muhammadiyah 57 Medan. Instrumen yang digunakan untuk
mengukur kualitas LKPD yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan
LKPD untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan angket respon
peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) LKPD yang dikembangkan
telah memenuhi kriteria keefektivan dengan : (a) ketuntasan secara klasikal telah
melebihi batas minimal yaitu sebesar 87,5% pada ujicoba (b) Ketercapaian
indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada
ujicoba 2. (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada ujicoba 1 sebesar 2,6
dan pada ujicoba 2 sebesar 3,25. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada ujicoba 1 hanya
56,25% meningkat sebesar 31,25% menjadi 87,5% pada ujicoba 2. Nilai rata-rata
kelas juga meningkat dari ujicoba 1 sebesar 68,96 menjadi 80,5 pada ujicoba 2. (3)
Respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan melalui pendekatan
realistik adalah positif. Maka dapat disimpulkan hasil penelitian adalah ditemukan
bahwa LKPD yang efektif berbasis pendekatan realistik dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.