Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Hasil Belajar siswa kelas XII
SMA Negeri 1 Secanggang.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan
menerapkan media pembelajaran Dakocan dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi
kelas XII SMA NEGERI 1SECANGGANG.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPS SMA NEGERI 1 SECANGGANG. Subjek
penelitian adalah kelas XII IPS-2 yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran dakocan.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
prosedur siklus I dan siklus II untuk melihat hasil belajar siswa. Menggunakan teknik
analisa data dengan menggunakan data kuantitatif.
Dari hasil data yang diperoleh hasil belajar siswa yang diperoleh hasil belajar observasi
data awal (prasiklus) siswa yang tuntas yaitu 8 orang (28,57%). Pada siklus I jumlah
siswa yang tuntas 18 orang (64,30%). Dan pada siklus II terdapat 28 siswa yang tuntas
(100%).
Dari hasil belajar yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan
media pembelajaran dakocan denagn materi pokok mencatat transaksi/dokumen ke dalam
jurnal umum dikelas XII IPS-2 SMA NEGERI 1 SECANGGANG Tahun pelajaran
2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Hal ini berarti penerapan media
pembelajaran dakocan dapat diigunakan sebagai alternate dalam pembelajaran akuntansi.