Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara
parsial citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo studi
pada mahasiswa FEB UMSU, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
secara parsial harga terhadap keputusan pembelian produks martphone Oppo studi
pada mahasiswa FEB UMSU, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
secara simultan citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian produks
martphone Oppo studi pada mahasiswa FEB UMSU. Pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dan kuantitatif. Jumlah sampel
penelitian adalah berjumlah 98 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Berdasarkan hasil uji-t secara
parsial adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel Citra Merek (X1)
terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis UMSU. Berdasarkan hasil uji-t secara parsial adanya pengaruh positif
dan signifikan antara variabel Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y)
pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Berdasarkan pengujian
uji F secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel Citra Merek
(X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Diperoleh koefisien determinasi atau R
Square sebesar 0,448. Ini menunjukkan 44,8% variabel yang mempengaruhi Citra
Merek (X1) Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y), sedangkan 55,2% dari
faktor yang dapat dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya (X3, X4 dan
seterusnya) yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini