Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ROA
terhadap Nilai Perusahaan; mengetahui dan menganalisis pengaruh TATO
terhadap Nilai Perusahaan; mengetahui dan menganalisis pengaruh ROA dan
TATO terhadap Nilai Perusahaan. Sampel ditentukan dengan metode sampling
jenuh yaitu bila semua populasi dijadikan sampel, maka perusahaan Foods and
Beverages yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 perusahaan
yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Teknik analisis data dari penelitian ini
menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji-t dan uji-F, koefisien
determinasi. Hasil penelitian dengan uji-statistik memperlihatkan bahwa secara
parsial ROA berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan TATO tidak
berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan hasil uji-F statistik variabel
ROA dan TATO terbukti berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Nilai
Perusahaan