Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berupa media permainan monopoli dalam pembelajaran matematika pada siswa
SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R & D (Reseach
and Deploment) dengan model prosedural dari Bord and Gall yang dikemukakan
dalam Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi validasi, uji coba
produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi pemakaian, dan produksi masal,
namun pada penelitian ini hanya sampai pada langkah uji coba produk. Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar validasi
RPP, lembar validasi media pembelajaran dan lembar angket respon siswa.
berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh beberapa validator, pengembangan
media pembelajaran permainan monopoli dalam pembelajaran matematika dan
RPP dinyatakan memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata 4,2 dari skor
maksimal 5,0 dengan kriteria sangat baik, media pembelajaran berupa media
permainan monopoli dalam pembelajaran matematika dari skor rata-rata 4,5
dengan skor maksimal 5,0 dengan kriteria sangat baik, dan hasil angket respon
siswa skor rata-rata 4 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria sangat baik. Dapat
disimpulakan dari hasil uji coba media pembelajaran yang dikembangkan menjadi
media permainan monopoli dalam pembelajaran matematika telah valid dan
mendapatkan respon yang baik dari siswa.