Research Repository

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas IX SMP Taman Siswa Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Syahputra, Rahmad Gusti
dc.date.accessioned 2020-10-24T04:19:02Z
dc.date.available 2020-10-24T04:19:02Z
dc.date.issued 2019-10-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6057
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik pada materi tabung untuk siswa kelas IX SMP yang berorientasi pada kemampuan spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dam keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap Develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Taman Siswa Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKPD yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil postest kemampuan spasial siswa uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06. en_US
dc.subject perangkat pembelajaran en_US
dc.subject pendekatan realistik en_US
dc.subject kemampuan spasial en_US
dc.title Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas IX SMP Taman Siswa Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account