Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan peserta
didik (LKPD) dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik pada
materi tabung untuk siswa kelas IX SMP yang berorientasi pada kemampuan
spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek
kevalidan, kepraktisan, dam keefektifan.
Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model
pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop
(Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti,
penelitian dilakukan hingga tahap Develop. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IX-1 SMP Taman Siswa Medan. Instrumen yang digunakan untuk
mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar
penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, keterlaksanaan perangkat
pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes
kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan.
Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid
berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria
baik dan skor rata-rata LKPD yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria
sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria
praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal
100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan pembelajaran memenuhi
kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil postest kemampuan spasial siswa uji
coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06.