Abstract:
Trigonometri merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang
mempunyai keabstrakan yang tinggi sehingga menyebabkan siswa mengalami
kesulitan dalam memahaminya. Sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran
yang dapat mempermudah siswa dalam mempelajari Trigonometri salah satunya
melalui LKPD dengan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis strategi REACT
dan mengetahui apakah LKPD berbasisi strategi REACT layak digunakan
sebagai media pembelajaran matematika pada materi trigonometri. Jenis
penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan 4-D dengan tahap pendefenisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, penelitian ini
dilakukan hingga tahap pengembangan (develop). Hasil penelitian ini berupa
perangkat pembelajaran LKPD pada materi trigonometri untuk siswa SMK kelas
X. Karakteristik LKPD yang dikembangkan adalah: (1) berbentuk media cetak
yang dikembangkan berbasis stratego REACT (2) dikembangkan menggunakan
kalimat yang sederhana dan desain yang menarik, (3) mengutamakan keterlibatan
siswa berdasarkan kegiatan siswa yang dirancang dalam LKPD, (4) menyajikan
masalah-masalah kontekstual yang berhubungan dengan materi trigonometri .
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria layak atas
dasar skor penilaian RPP, LKPD oleh satu dosen ahli dan satu guru matematika
dengan nilai rata-rata 3,60 dan 3,65 pada skala 5. Tes hasil belajar menunjukkan
persentase ketuntasan siswa sebesar 86,36 % termasuk dalam kriteria “sangat
tinggi” yaitu berada pada kisaran 85%-100%.