dc.description.abstract |
Layanan konseling kelompok adalah layanan yang membantu peserta didik dalam
pembahasan dan pengentasan masalah pribadi dalam suasana kelompok, untuk
belajar menghadapi kenyataan hidup dan meningkatkan pengertian saling percaya,
penerimaan nilai – nilai kehidupan, cita – cita, tujuan serta sikap atau tingkah laku
yang digunakan oleh lingkungan sosial tertentu. Masalah dalam penelitian ini
adalah banyaknya tuntutan akademik disekolah sehingga mengakibatkan siswa
mengalami stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan
Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Untuk Mengurangi Stres
Akademik Siswa kelas X SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Ajaran 2017/
2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Harapan Mekar 2 Medan. Yang menjadi
objek penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 8 siswa yang memiliki kriteria
permasalahan stres akademik. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah peneliti
bekerja sama dengan guru BK. Adapun tindakan layanan ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumentasi pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Dengan dilakukannya Layanan Konseling Kelompok Dengan
Pendekatan Behavior Untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa kelas X SMK
Harapan Mekar 2 Medan Tahun Ajaran 2017/ 2018 dapat membuat siswa untuk
mengurangi sikap gugup, mengurangi sikap stres pada saat ujian, dan mampu
menerima kemampuan diri sendiri. Dengan demikian konseling kelompok dengan
pendekatan behavior dapat membantu siswa untuk mengurangi stres akademik. |
en_US |