Abstract:
Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran
menggunakan Powtoon dengan pendekatan kontekstual pada materi Trigonometri
untuk siswa SMK kelas X. Model pengembangan yang digunakan adalah
penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yakni analisis, perancangan
dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK PAB Helvetia kelas
X OTKP 3 dengan menggunakan skala kelas kecil senbanyak 10 orang siswa.
Kelayakan media pembelajaran merujuk pada hasil penilaian media oleh para ahli
terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran
matematika menggunakan Powtoon materi Trigonometri dengan pendekatan
kontekstual yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid/layak digunakan
untuk siswa SMK kelas X. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator,
dimana semua validator menyatakan baik. Hasil penilaian media oleh ahli
diperoleh nilai 4,1 dengan kategori kelayakan Baik. Hasil penilaian RPP oleh ahli
diperoleh nilai 3.9 dengan kategori kelayakan Baik. Analisis nilai tes hasil belajar
siswa menunjukkan presentase ketuntasan klasikal siswa pada tes hasil belajar
siswa sebesar 80%. Berdasarkan analisis Tes Hasil Belajar dapat ditarik
kesimpulan bahwa tes hasil belajar yang dikembangkan memiliki kriteria
“Tuntas”.