Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan
bahan ajar dengan pedekatan discovery learning dalam memahami materi aljabar
pada siswa MTs Negeri 1 Langkat. Untuk mengetahui bagaimana kelayakan
pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan discovery learing
dalam memahami materi aljabar pada siswa MTs Negeri 1 langkat. Metode yang
digunakan Research and Develpoment (Sugiono, 2016:409), subjek dan objek
pada penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII yang dipilih secara ajak. Validasi
yang dilakukan pada penelitian ini adalah 1 dosen ahli materi dan 2 guru ahli
materi di MTs Negeri 1 Langkat, dari hasil validator ahli materi pada tahap I, pada
validator pertama memperoleh nilai 60,5% dengan kriteria “kurang layak”,
validator kedua memperoleh nilai 58,6% dengan kriteria “kurang layak” dan
validator ketiga memperoleh nilai 57,6% dengan kriteria “ kurang layak”. Dari
validasi tahap I memiliki nilai rata-rata sebesar 58,2% dengan kriteria “kurang
layak”. Sedangkan validasi ahli materi tahap II pada validasi pertama memperoleh
nilai 82,6% dengan kriteria sangat baik, validasi kedua memperoleh nilai 80,7%
dengan kriteria “sangat layak” dan validasi ketiga memperoleh nilai 76,9%
dengan kriteria “layak”. dari ketiga validator memiliki nilai rata-rata 80% dengan
kriteria “layak”. Hasil ujiciba produk pada angket respon siswa memperoleh nilai
rata-rata 87,4% dengan kriteria “sangat menarik”.