Abstract:
Pada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu tingkat pemahaman siswa dan
kreativitas masih rendah yang dipengaruhi oleh kemampuani siswa selain itu
masih kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan dengan berbasis
teknologi. Penelitian ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui bagaimana pengaruh
pembelajaran Information Search dapat meningkatkan pemahaman belajar
matematika siswa kelas X SMK BM PAB Helvetia Medan pada pokok bahasan
persamaan kuadrat. (2)Untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran
Information Search dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa
kelas X SMK BM PAB Helvetia Medan pada pokok bahasan persamaan kuadrat.
Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan desain Pretest and Post Test Only Control Design dengan menggunakan information Seacrh pada kelas
ekperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMK BM PAB Helvetia
Medan T.P 2019/2020 dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X AK 1
dan X AK 2 dengan jumlah 80 siswa yang menjadi kelas eksperimen 1 adalah
kelas X AK 1 dengan jumlah 40 siswa sementara kelas ekperimen 2 adalah kelas
X AK 2 dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian
menggunakan tes Pre Test dan Post-test. Sedangkan teknik analisis data dengan
menggunakan uji prasyarat : uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis :
uji t . Pada hasil analisis data untuk uji prasyarat menyatakan bahwa data pada
penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan pada uji hipotesis uji
t didapt bahwa thitung = 2,8095˃ttabel=1,9908 sehingga Ha diterima. Hal ini berarti
ada pengaruh strategi pembelajaran Information Search terhadap kemampuan
pemahaman dan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas X SMK BM
PAB Helvetia Medan T.P 2019/2020.