Abstract:
Penelitian ini menggunakan Prosedur penelitian dan pengembangan yang di
modifikasi dari ADDIE yang memiliki lima fase yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation.Namun,karena penelitian ini hanya
menilai kelayakan produk maka hanya dikembangkan sampai tahap 3, yaitu tahap
Analysis, Design, dan Development). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
suatu kelayakan produk berupa Bahan Ajar dan RPP yang telah dikembangkan.
pada pengembangan Bahan Ajar maupun RPP peneliti melakukan penilaian oleh
3 validasi yang terdiri dari satu Dosen dan dua Guru Matematika. Penilaian bahan
ajar dari ketiga validasi tersebut memperoleh nilai awal yang memiliki nilai rata rata 74,04% dengan kriteria “Layak” akan tetapi masih perlu dilakukan revisi dari
saran setiap validasi, Kemudian Validasi terhadap RPP dari ketiga validasi
memperoleh nilai rata-rata 74,16% dengan kriteria “Layak” dan peneliti juga
harus malakukan revisi dari setiap saran yang diberikan oleh validasi. Setelah
melakukan revisi terhadap bahan ajar dari ketiga validasi memperoleh nilai rata rata sebesar 89.74% dengan kriteria “Sangat Layak”,Kemudian nilai RPP dari
ketiga validasi memperoleh nilai rata-rata 89,08% dengan kriteria “Sangat
Layak”. Setelah melakukan validasi produk selajutnya melakukan Uji Coba yang
memperoleh nilai rata-rata 94,3% dengan kreteria “Sangat Menarik”.Sehingga
pengembangan bahan ajar berbasis masalah terhadap kemampuan bepikir kreatif
matematis siswa pada pokok bahasan bentuk aljabar sangat layak untuk digunakan
sebagai alat bantu dalam dalam proses pembalajaran.