Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, perangkat yang dikembangkan terdiri dari: RPP dan LKPD. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII A dan Kelas VIII BSMP Muhammadiyah 58Medan tahun ajaran 2019/2020dengan mengambildua kelas, masing –masing satu kelas sebanyak 30 siswa, dengan objek dalam penelitian ini dalah perangkat pembelajaran berbasis pendekatan scientifi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: Define, Design, Development dan Desiminate,tetapi pada penelitian ini tidak sampai tahap Desiminatekarena keterbatasan waktu. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa hasil perangkat pembelajaran berbasis pendekatan scientificyang dikembangkan berada pada kategori valid dengan persentase sebesar 87% pada kategori “valid”. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan pendekatan scientific meningkat 33,3%, dari pada tes kemampuan pemahaman konsep siswa yang tidak menggunakan penekatan scientific.