Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model
means ends analysis terhadap kemampuan meresensi cerpen oleh siswa kelas XI
SMA PAB 4 Sampali. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang
terdiri dari 3 kelasdengan jumlah 106 siswa. Sampel penelitian ini kelas XI IPA 1
ditetapkan dengan cara random sampling dan dijadikan sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas XI IPA 2 ditetapkan dengan cara random
sampling dan dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil dari penelitian ini
diperoleh nilai menggunakan model means ends analysis siswa kelas XI SMA
PAB 4 Sampali. Siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik sebanyak 18
orang (56,25%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik sebanyak 14 orang
(43,75%). Nilai menggunakan model konvensional siswa yang memperoleh nilai
66-79 baik sebanyak 18 orang (56,25%), dan siswa yang memperoleh nilai 56-65
cukup sebanyak 14 orang (43,75%). Selanjutnya pengujian hipotesis thitung > ttabel =
8,89 > 1,67. Dengan demikian, terdapat pengaruh model Means Ends Analysis
terhadap kemampuan meresensi cerpen oleh siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampal