Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media
pembelajaran didalam sekolah ,terutama media pembelajaran matematika, seperti
yang diketahui bersama bahwa matematika adalah pembelajaran yang dianggap
menakutkan, kurang menarik bagi kebanyakan siswa karna siswa dituntut untuk
berfikir keras dalam menyelaesaikan soal. Penggunaan media pembelajarn dalam
kegiatan belajar matematika diharapkan menimbulkan minat dan kreatifitas siswa
dalam belajar matematika,sehingga siswa dalam mengikuti pelajaran merasa nyaman
dan tertarik. Penyusunan media pembelajaran memiliki criteria yang harus
diperhatikan guru dalam pengembangannya. Salah-satu faktornya itu adalah
kemuahan penggunaan dari media tersebut,kemudian penguasaan guru dalam
menggunakan media pembelajaran tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman
yang semakin canggih penggunaan media pembelajaran juga semakin canggih, pada
saat sekarang ini media pembelajaran menggunakan computer segagai wadah
menciptakan media pembelajaran. Pngembangan media pembelajaran ini
mengunakan aplikasi Adobe Flash. Adobe flash merupakan aplikasi yang
menyediakan fasilitas pembuatan gambar, suara, maupun animasi sehinggga
mendukung pembuatan media pembelajaran yang optimal. Penelitian ini
menggunakan research & development pengembangan menggunakan bor & gall.
Model pengembangan borg & gall memiliki empat tahapan dalam pengembangan
media pembelajaran yang pertama,pengumpulan informasi, planning, tahap
pengembangan produk media pembelajaran, dan tahap validasi dan uji coba.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dipeoleh medi pembelajaran yang
dikembangankan mendapat hasil validsi yang baik dan layak digunakan sebagai
media pembelajaran di sekolah.