Abstract:
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran interaktif
berbasis geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrument tes untuk
mengukur kemampuan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan matematis siswa SMA
Muhammadiah 01 Medan yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan ialah research and development (R & D) yaitu
pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis software development (R & D) yaitu
pengembangan media pembelajaran dikembangkan berdasarkan berdasarkan model
penngembangan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ).
Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI Mia 1 SMA Muhammadiyah 01
Medan.
Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh data hasil validasi ahli materi
dengan rata-rata 2,65 berada pada kategori hasil sangat valid, karena 3,5 ≤ M ≤4 sehingga
materi pada media tersebut dikatakan sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli media
dengan rata-rata 3,6 berada pada kategori sangat valid juga karena 3,5 ≤ M ≤ 4 sehingga
media pembelajaran dinilai oleh siswa dengan respon guru dengan rata-rata respon sebesar
3,46 dikatakan efektif karena persentase respon siswa dan guru lebih dari 50%.