Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis data menggunakan
analisis semiotika Roland Barthes objek penelitian ini adalah Iklan Yakult (Versi
Hidup Sehat) saling menguatkan bersama Iklan Yakult (Versi Hidup Sehat) yang
akan dibahas lambang-lambang komunikasi dalam setiap scane yang mendukung
terbentuknya makna iklan tersebut, sehingga diperoleh makna denotasi, konotasi,
dan mitos dari hubungan ketiganya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika. Analisis
semiotika merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan
makna-makna terhadap lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket
lambang-lambang pesan atau teks. Ditinjau dari Denotasi, Konotasi, dan Mitos
pesan yang ingin disampaikan peneliti mendapatkan hasil bahwa iklan Yakult
(Versi Hidup Sehat) dengan jargon “Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari”
yang diartikan penulis bahwa dengan minum sebotol Yakult setiap hari akan
membuat usus sehat bebas dari bakteri jahat, karena di dalam Yakult terdapat
L.casei Shirota Strain yang mengandung bakteri baik.