Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film komedi
terhadap keterampilan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA PAB 6
Helvetia Tahun Pembelajaran 2019-2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA
PAB 6 Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X SMA PAB 6 Helvetia pada Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah
160 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas X-1SMA PAB Helvetia Medan
Tahun Pembelajaran 2019-2020 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan adalah one group pretsest postest artinya dalam
penelitian ini hanya akan ada satu kelas eksperimen yang akan diamati. Untuk
memperoleh data dalam penelitian, digunakan alat pengumpulan data yang
disebut instrumen berupa tes tulis yakni untuk mengukur kemampuan siswa dalam
menulis teks anekdot. Nilai rata-rata pretes kemampuan siswa dalam menulis teks
anekdot adalah 67,13 dan pada saat postes, nilai rata-rata postes kemampuan
siswa dalam menulis teks anekdot adalah 76,70. Karena ada perubahan nilai ratarata, artinya terjadi peningkatan kemapuan siswa dari kategori “cukup” menjadi
kategori “baik”. Salah satu keunggulan dari media film komedi adalah mampu
merangsang aktifitas otak untuk berpikir dan menciptakan ide cerita. Film komedi
menjadi salah satu alternatif media yang dapat menumbuhkan ide, pengetahuan
dan pengalaman mengenai ide cerita humor atau komedi sehingga meningkatkan
kemampuan siswa dalam membuat teks anekdot. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh media film komedi terhadap kemampuan
menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia Tahun Pelajaran
2019-2020”. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara media
film komedi terhadap kemampuan menulis teks anekdot.