Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 47 Sunggal TP 2019/2020. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Sampel yang
diambil adalah siswa kelas VIII Terpadu 1 yang berjumlah 22 orang. Instrumen
yang digunakan adalah Tes tertulis berbentuk uraian serta observasi terhadap
kecerdasan emosional dan self-efficacy berdasarkan indikator yang sudah
ditentukan.. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi sederhana dan analisis
regresi berganda. Adapun hasil penelitian ini memperoleh bahwa terdapat pengaruh
yang diberikan kecerdasan emosional dan self-efficacy terhadap kemampuan
pemecahan masalah jika dilakukan bersama-sama adalah sebesar 53,7% sisanya
sebesar 46,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.