Research Repository

Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Taman Siswa T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Nelvi
dc.date.accessioned 2020-10-24T02:50:22Z
dc.date.available 2020-10-24T02:50:22Z
dc.date.issued 2019-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6003
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Penelitian dilakukan di SMP Taman Siswa Medan, Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan pre test dan post test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Reciprocal Teaching lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Reciprocal Teaching, diantaranya memberikan rata-rata nilai 83,2. Sedangkan dengan metode konvensional hanya mendapat nilai rata-rata 77,2. Dengan demikian pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model Reciprocal Teaching berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan merumuskan pernyataan kedalam model matematika, memberikan alasan dengan memilih strategi yang tepat. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah model Reciprocal Teaching mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika Siswa en_US
dc.title Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Taman Siswa T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account