Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa
pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan
model Reciprocal Teaching. Penelitian dilakukan di SMP Taman Siswa Medan,
Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode quasi eksperimen dengan pre test dan post test. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Reciprocal
Teaching lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model
konvensional. Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model
Reciprocal Teaching, diantaranya memberikan rata-rata nilai 83,2. Sedangkan
dengan metode konvensional hanya mendapat nilai rata-rata 77,2. Dengan
demikian pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear
dua variabel dengan menggunakan model Reciprocal Teaching berpengaruh
secara signifikan terhadap kemampuan merumuskan pernyataan kedalam model
matematika, memberikan alasan dengan memilih strategi yang tepat. Jadi
kesimpulan dari penelitian ini adalah model Reciprocal Teaching mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.