Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Nurul Sakinah
dc.date.accessioned 2020-10-24T02:21:25Z
dc.date.available 2020-10-24T02:21:25Z
dc.date.issued 2019-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5985
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 251 Siswa yang terdiri dari tujuh kelas dan penelitian ini hanya menggunakan dua kelas sebagai sampel yang terdiri dari 75 siswa dengan perlakuan yang berbeda yaitu kelas VIII 5 dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) yang terdiri dari 37 Siswa dan kelas VIII 3 tanpa model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) yang terdiri dari 38 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes penugasan berupa tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) adalah baik atau 74,49 dan kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) adalah cukup atau 65,55. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai pada taraf sigifikan α = 0,05 adalah ttabel = 2,64. Jadi, thitung > ttabel yaitu 18,49 > 2,64 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran VAK (Visual Audioty, Kinestetik) dalam kemampuan menulis teks eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. en_US
dc.subject Visual en_US
dc.subject Audioty en_US
dc.subject Kinestetik (VAK) en_US
dc.subject Menulis Teks Eksplanasi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account