Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap Kemampuan Menulis Teks
Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun
Pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang
berjumlah 251 Siswa yang terdiri dari tujuh kelas dan penelitian ini hanya
menggunakan dua kelas sebagai sampel yang terdiri dari 75 siswa dengan
perlakuan yang berbeda yaitu kelas VIII 5 dengan perlakuan menggunakan
model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) yang terdiri dari 37
Siswa dan kelas VIII 3 tanpa model pembelajaran VAK (Visual, Auditory,
Kinestetik) yang terdiri dari 38 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control
design dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes penugasan
berupa tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata
kemampuan menulis teks eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2
Helvetia Medan dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visual,
Auditory, Kinestetik) adalah baik atau 74,49 dan kemampuan menulis teks
eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory,
Kinestetik) adalah cukup atau 65,55. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai pada taraf
sigifikan α = 0,05 adalah ttabel = 2,64. Jadi, thitung > ttabel yaitu 18,49 > 2,64 maka
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Dengan
demikian dapat disimpulkan Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran VAK (Visual Audioty, Kinestetik) dalam kemampuan menulis
teks eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.