Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tax Planning terhadap
Nilai Perusahaan. Tax Planning digunakan sebagai variabel independen dan Nilai
Perusahaan sebagai variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan maufaktur makanan dan
minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Sampel
berjumlah 6 perusahaan dengan periode 5 tahun. Metode pemilihan sampel adalah
purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber
data menggunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan untuk menguji
hipotesis adalah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan Tax Planning tidak berpengaruh signifikan
terhadap Nilai Perusahaan yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari
nilai t tabel. Nilai signifikan lebih besar dari nilai signifikansi yang ditentukan.
Artinya bahwa hipotesis 1 ditolak atau hipotesis nul diterima.